5/07/2017

Jenis Tanaman Untuk Menurunkan Kolesterol

Beberapa tanaman obat yang dapat membantu menurunkan kolesterol yaitu sebagai berikut ;
  1. ASEM JAWA ( Tamarindus Indica L ). Tumbuhan ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di berbagai wilayah di Indonesia.
    Tamarindus Indica L ( Sumber Google )
    Nama lain untuk tumbuhan ini bak me (Aceh), acamlagi (Minangkabau) di tangkal asem sunda, Acem (Madura) asam jawa asang jawi (Gorontalo), camba (Makassar), cempa (Bugis). Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat obat penurun kadar kolesterol tinggi dengan kandungan kimia saponin, flavonoid, dan tanin. Cara membuat minuman dari asem jawa, yaitu sebagai berikut ; tumbuk 150-200 lembar daun asam jawa, lalu campur dengan 1 gelas air matang panas (200 ml), kemudian diperas, disaring dan diminum untuk satu kali minum. Minuman ini dibuat untuk 3 kali sehari.
  2. JATI BELANDA. Nama daerah untuk jenis ini di Sumatra disebut jati belanda sedangkan di Jawa Tengah disebut jati londo. 
    Jati Belanda (Sumber Google)
    Tinggi tumbuhan ini dapat dapat mencapai 20 m, ditanam sebagai pohon peneduh, tanaman pekarangan, atau tumbuhan liar. Tumbuhan pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 800 m di atas permukaan laut. Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol. Kandungan kimianya yaitu alkaloid, flavanoid, saponin, tanin. Cara Meramu : masak 20 gram daun dan satu gelas air, setelah dingin kemudian disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. 
  3. BELIMBING MANIS ( Averhoa Carambola L ). Nama lain tumbuhan ini di Sumatra adalah asom jorbing (Batak), balimbing manih (Minangkabau), balimbing amis (Sunda), blimbing legi ( Jawa Tengah), lembetua (Gorontalo), lombituka gula ( Buol), Bainang sulapa (Makassar), balireng (Bugis). Daun dan batang dari tanaman ini mengandung asam oksalat sehingga sehingga rasanya asam dan air perasannya dapat digunakan sebagai penghilang karatan pada logam.
    Averhoa Carambola L - Sumber Google
    Buah tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi dengan kandungan kimia lemak, glukosa, protein, besi, kalsium fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C.Cara meramu : 2 buah belimbing manis diperas, lalu air perasannya diminum, sebaiknya diminum 3 kali sehari. 
  4. KEMUNING ( Murraya Paniculata L ). Nama lain dari tumbuhan ini antara lain ; kemuning (Melayu), kemunieng (Minangkabau), Kamuning (Jawa), Kemuning (Bali), kemuni (NTB), kamuning (Manado), kamuning (Makassar).
    Murraya Paniculata l - sumber Google
    Tumbuhan ini berhabitus pohon kecil (perdu), mempunyai variasi morfologis besar sekali, tinggi pohon dapat mencapai 8 meter. Jenis ini tumbuhan liar di semak belukar, tepi hutan atau ditanam orang sebagai tanaman hias, tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol dalam darah, dengan kandungan kimia, tanin, flavonoid, steroid, dan alkaloid. Cara meramu : 20 gram daun kemuning direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal tersisa 1 gelas air, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum 3 kali sehari. Tumbuhan-tumbuhan ini memang tidak menjamin seorang penderita untuk sembuh dalam waktu singkat dan cepat, namun paling tidak ramuan ini bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah penderita, dan belum ditemukan efek samping dari ramuan ini. 
  5. TEMPUYUNG (Sonchus Arvensis L). Nama lain untuk tumbuhan ini, di Jawa disebut dengan galing, jombang, jombang lakalina, lempung, lampenas, rayana (Sunda), tempuyung (Jawa Tengah). Tumbuhan ini berhabitus herba semusim dengan tinggi dapat mencapai 2 meter, tumbuh liar di tempat terbuka yang terkena matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing, tepi saluran air, batu, tumbuh pada daerah dengan ketinggian 50 - 1650 m di atas permukaan laut.
    Sonchus Arvensis L - Sumber Google
    Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi dengan kandungan kimia saponin, flavanoid, politerol, alfa-lactucerol, betalac-tucerol, manitol, inositol, kalium, silika, taraksas-terol. Cara meramu : 3 lembar daun lempuyung dilayukan dan dimakan sebagai sayur atau lalap, dianjurkan untuk 3 kali sehari.       
(Sumber; Hidup Sehat Dengan Kolesterol Rendah; Rikrik Husain; PT. Sinar Wadja Lestari; Hal. 63-67. tahun 2007)

Related Posts

Jenis Tanaman Untuk Menurunkan Kolesterol
4/ 5
Oleh

1 comments:

4 Juni 2017 18.29 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar