9/24/2016

Mengenal Kartu Kredit Hasanah Dari Bank BNI

Halo, Sobat robbieismail.web.id..apa kabar Anda saat ini ? Semoga senantiasa dalam keadaan terhebat saat ini. Mudah-mudahan apapun Anda lakukan saat ini senantiasa menjadi keberkahan untuk Anda sendiri ataupun orang-orang terdekat. 

Melihat judul diatas tergerak hati saya untuk menginformasikan kartu kredit hasanah dari Bank BNI sebagai bahan acuan serta informasi saja mari kita bersama-sama belajar memahami kartu kredit hasanah dari bank bni ini. 
iB hasanah card merupakan kartu kredit berdasarkan prinsip syariah, yaitu  dengan sistem perhitungan biaya bersifat tetap, adil, transparan, dan kompetitif tanpa perhitungan bunga.  
Kartu Hasanah Syariah BNI
Berikut saya buatkan tabel tentang perbedaan antara kartu kredit konvensional dan Syariah dibawah ini ;
Kartu Kredit Konvensional Kartu Kredit Syariah
Dasar hukum : UU perbankan Al. Quran dan Hadits, uu perbankan, uu perbankan Syariah, fatwa DSN
Provider : Master Card dan Visa Master Card
Perjanjian : Berdasarkan bunga Berdasarkan akad kafalah, qard, dan ijarah
Ketentuan Penggunaan : Tidak dibatasi Hanya dapat digunakan untuk transaksi yang sesuai syariah
Fitur : Cash advance, danaplus, extra dana, smartpending fitur sama dengan kartu kredit regular (bni)
Pendapatan bank : annual fee bunga atas transaksi, merchant fee, denda keterlambatan annual fee, monthly fee, merchant fee, biaya penagihan (ta'wid)
Cash collatera : Tidak diperlukan Diperlukan untuk kartu classic 10% dari limit kartu
Kartu kredit Hasanah Card merupakan bagian dari jasa yang ditawarkan oleh BNI Syariah kepada pemegang kartu kredit ini, oleh karenanya pihak BNI Syariah pun berhak menarik upah dari aktifitas jasanya ini. Dengan tetap mengusung semangat Syariah yang kokoh, maka diadakanlah akad atau perjanjian atas dua belah pihak berkaitan dengan aplikasi Kartu Kredit Hasanah ini, antara pihak BNI Syariah dan calon pemegang kartu kredit Hasanah ini.

Ada 3 akad yang digunakan dalam pengajuan Kartu Kredit Hasanah ini antara lain yaitu ;
  1. KAFALAH. Al Kafalah berasal dari kata Kafala (menanggung) yaitu merupakan jaminan yang diberikan oleh penanggung (kafil) kepada pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban yang dimiliki oleh pihak ketiga terhadap pihak kedua atau yang ditanggung. Dalam kasus Kartu kredit Hasanah ini adalah pihak penerbit Kartu yaitu BNI Syariah, berperan sebagai penjamin (kafil) bagi pemegang Kartu Kredit Pihak Ketiga ini terhadap merchant (pihak kedua) atas semua kewajiban bayar (dayn) yang timbul dari transaksi antara pemegang Kartu dengan merchant, dan atau untuk aktivitas penarikan tunai selain dari bank atau mesin ATM si penerbit kartu. Atas pemberian kafalah ini pihak penerbit kartu dapat menerima fee atau upah (ujrah).
  2. QARD. Qard ialah meminjam harta kepada orang lain tanpa mengharap imbalan. Dalam literatur, qard dikategorikan sebagai aqad tathawwu', yaitu akad saling membantu tanpa mengharapkan imbalan apapun. Dalam kasus Kartu Kredit Hasanah ini, pihak BNI Syariah sama sekali tidak membebankan biaya berkaitan dengan akad ini. Penerbit Kartu yaitu BNI Syariah disini hanya berperan sebagai pemberi pinjaman (muqridh) kepada pemegang kartu (muqtaridh) melalui penarikan tunai dari bank atau mesin ATM bank penerbit Kartu Hasanah.
  3.  IJARAH. Dan akad yang ketiga yaitu Ijarah. Akad ini berasal dari kata al-ajru. Dalam bahasa Indonesia Ijarah diartikan sebagai ganti dan upah. Dalam arti luas, ijarah adalah suatu akad yang berisi penukaran manfaat sesuatu dengan jalan memberikan imbalan dalam jumlah tertentu. Dalam konteks Kartu Kredit Hasanah ini, pihak penerbit Kartu yaitu BNI Syariah, adalah penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan bagi pemegang Kartu. Oleh karenanya atas Ijarah ini, pemegang Kartu dikenakan biaya tahunan atau Annual Fee yang dibayarkan kepada pihak BNI Syariah sebagai imbalan. 
Sebagai sebuah produk Kartu Kredit, tentunya Hasanah Card juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan keuntungan yang diberikan kepada para pemegang kartu kreditnya. Sebagai sebuah perbankan berbasis syriah yang juga menjalankan fungsi bisnis, maka memenangkan persaingan dengan produk Kartu Kredit dari bank lain adalah salah satu tujuan dari BNI Syariah. Oleh karena itu, berbagai macam keunggulan pun diberikan oleh BNI Syariah untuk memanjakan aktivitas transaksi para pemegang Kartu Kredit Hasanah. Selain memberikan keuntungan berupa Cash Rebate dan Gratis Annual Fee dengan syarat dan ketentuannya, ada banyak keunggulan lain yang bisa Anda nikmati sebagai pemegang Kartu Kredit Hasanah, yaitu :
  1. Program Cicilan Ibadah Tanpa Bunga. Program cicilan Ibadah ini meliputi untuk kegiatan Umrah, Qurban, Sedekah dan masih banyak lagi. Melalui program ini, contohnya untuk umrah yang membutuhkan biaya besar akan lebih terjangkau dan Umrah pun bukan lagi impian belaka. Untuk kegiatan Cicilan Qurban, membeli hewan ternak untuk memperingati Idul Adha akan lebih terjangkau. Distribusi dagingnya pun bisa menjangkau seluruh daerah Indonesia karena program ini bekerja sama dengan beragam lembaga Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF) seperti Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat. Dan tentunya, harga hewan qurban Anda akan lebih murah dengan program cicilan ini dibandingkan harga pasaran. Menunaikan sedekah pun akan lebih mudah, cepat, praktis, tepat sasaran dan tentunya tanpa bunga bila melalui Kartu Kredit Hasanah ini.
  2. Program Cicilan Uang Pangkal Sekolah Tanpa Bunga. Pernah mengalami kesulitan membayar uang pangkal sekolah yang besar jumlahnya? Ya, saat ini di berbagai sekolah favorit dari tingkat Sekolah Dasar hingga Universitas sama-sama mengharuskan para orang tua murid untuk membayar uang pangkal sekolah yang jumlahnya sangat besar, bahkan ada yang nominalnya hingga PULUHAN JUTA RUPIAH...    Kondisi tersebut tentu sangatlah memberatkan. Namun hal itu tidak berlaku bagi pemegang Kartu Kredit Hasanah karena uang pangkal sekolah tersebut dapat dicicil setiap bulannya tanpa bunga apapun. Hal ini tentu akan sangat meringankan para orang tua murid, menyekolahkan Anak kesayangan Anda di sekolah-sekolah berkualitas pun bukan lagai hanya impian.
  3. Program Diskon Restoran & Hotel. Tidak hanya terbatas pada program cicilan, pemegang Kartu Kredit Hasanah Card juga bisa merasakan berbagai macam diskon menarik dari beragam Restoran dan Hotel yang bekerjasama dengan BNI Syariah.
  4. Program Liburan Ke Luar Negeri dan Dalam Negeri. Tidak hanya aspek kebutuhan dan Ibadah, melalui Kartu Kredit Hasanah ini pihak BNI Syariah pun juga memperhatikan aspek rekreasi dan liburan untuk Anda dan keluarga. Dengan Kartu Kredit ini, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan program liburan dengan beragam tujuan baik di dalam maupun luar negeri dengan penawaran dan harga yang sangat spesial. Jalan-jalan keliling Indonesia atau pun melakukan tour di benua eropa bukan lagi hal yang sulit bagi pemegang Kartu Kredit Hasanah.
  5. Program Homestay. Bagi Anda atau anak Anda yang berencana memulai kuliah di luar negeri, maka program Homestay bagi pemegang Kartu Kredit Hasanah dapat membantu persiapan studi Anda secara lebih baik lagi. Program Homestay ini berupa kursus bahasa asing berikut pengenalan budayanya langsung di negara tujuan homestay. Beberapa negara yang menjadi tujuan antara lain adalah Inggris Raya, Prancis, Jerman, Jepang, Amerika Serikat, dan New Zealand. Pembayaran dapat dicicil tanpa bunga menggunakan kartu Hasanah Card.
  6. Kemudahan Transaksi Secara Internasional. Kartu Kredit Hasanah adalah kartu kredit yangdiakui oleh dunia. Bekerjasama dengan MasterCard yang sudah diakui di seluruh dunia, bertransaksi dengan Hasanah Card ini untuk berbelanja maupun melakukan pembayaran saat Anda di luar negeri akan jauh lebih mudah dan praktis. Cukup pastikan tempat Anda bertransaksi memiliki logo MasterCard. Kemudahan ini belum tentu Anda temukan pada kartu kredit syariah dari bank lain, karena keterbatasan bank syariah tersebut dalam menerbitkan kartu kredit untuk nasabahnya.
  7. Mudah Dan Banyak Pilihan. Sama seperti Kartu Kredit lainnya, Pemegang Kartu Kredit Hasanah tetap dapat menggunakan fasilitas-fasilitas transaksi perbankan ataupun pembayaran BNI melalui channel-channel : Anjungan Tunai Mandiri (ATM), SMS & Mobile Banking, Phone Banking, Kartu Belanja, Internet Banking
Demikian gambaran umum bagaimana kita mengenal Kartu Kredit Hasanah dari Bank BNI. Semoga informasi dapat bermanfaat bagi saya dan Anda khususnya. Jadi tunggu apalagi? Semua manfaat dan keuntungan ini bisa Anda rasakan dengan menjadi pemegang Kartu Kredit Hasanah dari BNI Syariah sekarang juga.

Related Posts

Mengenal Kartu Kredit Hasanah Dari Bank BNI
4/ 5
Oleh

6 comments

14 Oktober 2016 22.33 delete

bank BNI memang mantap ... mengeluarkan kartu kredit hasanah ...

Reply
avatar
16 Oktober 2016 10.42 delete

Terima kasih, Oyong Ilham atas komentarnya.

Reply
avatar
3 November 2016 03.19 delete

saya pribadi belum pernah sih pake yang syariah, kalo yang BNI biasa saya udah pake dan pernah juga buat VCN untuk belanja online. menurut saya sih OK nih beberapa fasilitas yang disediakan BNI, cuma untuk VCN durasinya kurang panjang (cuma 1 jam)

Reply
avatar
3 November 2016 22.24 delete

Halo, Omahblog..? Apa kabar ? Semoga senantiasa sehat selalu serta senantiasa dalam Lindungan Tuhan Y.M.E dan kegiatan ngeblognya lancar jaya. Kalau saya pribadi sih belum pernah menggunakan layanan VCN dari BNI karena belum ada keperluannya. Saya sangat gembira bila ada informasi tambahan dari Omahblog selain dari informasi yang saya sampaikan di blog saya ini. Terima kasih atas informasi tambahannya, dan salam kenal. Oiya, maaf baru sempat balas komentarnya.

Reply
avatar
2 Desember 2016 23.58 delete

wah ... bolehlah dicoba ni kartu kredit dari Bank BNI ini

Reply
avatar
10 Desember 2016 21.59 delete

Halo, Agan Ahmad...
Terima kasih untuk waktunya sudah mampir ke blog saya. Silahkan Agan Ahmad kunjungi website yang bersangkutan untuk mempelajari lebih detil tentang kartu kredit hasanah syariah bni.

Reply
avatar